Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),didirikan pada
tahun 2007 Berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No: 1928/D/T/2007 .
Program studi ini mempunyai visi menjadi program studi yang unggul dalam
menghasilkan calon guru SD yang beretika dan mempunyai nilai- nilai
moral, menguasi sains dan teknologi serta mengembangan inovasi
pendidikan.
Program PGSD jenjang sarjana (SI) hadir sebagai upaya untuk
merespon (1) tuntutan masyarakat akan adanya peningkatan kualitas
akademik tenaga pendidik dan (2) amanat undang-undang No.14 th 2005
tentang guru dan Dosen.
Penyelenggaraan pembelajaran Program Studi PGSD di Universitas
Muhammadiyah Malang, didukung oleh para Dosen yang berpengalaman dan
berpendidikan S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri. Disamping
itu, dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah disiapkan
berbagai fasilitas pendukung yang berupa Laboraorium Microteaching ,
Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Drama, Ruang
Pembelajaran Multimedia. Program studi juga memfasilitasi laboratorium
outdoor untuk praktek kerja mahasiswa dengan menjalin kerjasama dengan
Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan (PSLK) dan Bimbingan Konseling
(BK). Kegiatan intra maupun ekstrakurikuler mahasiswa ( antara lain
Pramuka, KSR, Kesenian, Fotografi, Pecinta Alam, Paduan Suara, IMM, HMJ)
diwadahi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berpusat di Student
Center (SC) universitas. Mahasiswa baru dibekali dengan kegiatan
Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK), dilanjutkan
program pelatihan Aplikasi Internet. Untuk menghasilkan lulusan PGSD
yang qualified dan mampu berkomunikasi secara internasional, maka
mahasiswa diwajibkan menempuh ESP (English for Specific Purpose)
selama 1 tahun. Dengan fasilitas – fasilitas yang diberikan secara
optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD menjadi tenaga pendidik
yang sesuai dengan visi dan misi PGSD yaitu, menghasilkan tenaga
pendidik yang kompeten pada : 1).Etika dan nilai-nilai moral 2). Sains
dan teknologi, serta 3). Inovasi Pendidikan 4) Unggul dan kompetitif
secara nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan SD,
Professional dalam melakukan pembelajaran di sekolah, mengabdikan
profesinya berdasarkan etika dan nilai-nilai moral 5).Mewujudkan diri
sebagai program studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis
yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, social, religius,
dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan efisien dalam
melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Ini perkembangan dan keunggulan jurusanku .. mana keunggulan jurusanmu ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar